Home » » Kurma dan Manfaatnya

Kurma dan Manfaatnya

Written By Unknown on Kamis, 15 Agustus 2013 | 06.04

Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genusphoenix. Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat. Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika (California).

Kurma disebutkan dalam Al Qur’an QS. Ar-Ra'd [13]: 4 dan QS. Maryam [19]: 24-26. Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam juga pernah bersabda: 
“Apabila salah seorang dari kalian berbuka, hendaklah ia berbuka dengan kurma, karena ia mengandung barokah. Jika ia tidak menemukan kurma,hendaklah ia berbuka dengan air, karena ia bersifat membersihkan.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi). 

Kurma  bermanfaat bagi wanita hamil dan ibu-ibu yang menyusui secara alami. Daging buah kurma meningkatkan kesehatan janin di dalam perut ibu, mencegah ibu dari rasa lemah, dan memperbanyak air susu bergizi tinggi. Di saat yang sama, kurma segar memberikan manfaat besar kepada otak. Kurma, dengan kandungan 2.2% protein, juga berisi banyak jenis vitamin A, B1, dan B2. Protein-protein ini melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi, menunjang sel-sel tubuh memperbaharui diri, dan menyeimbangkan cairan-cairan tubuh. Vitamin A meningkatkan kemampuan pandangan mata dan kekuatan badan, juga kekuatan tulang dan gigi. Vitamin B1 memfasilitasi jaringan saraf berfungsi sehat sempurna, menunjang tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi, mengatur selera makan dan pencernaan, serta memberdayakan metabolisme berasal dari protein dan lemak. Vitamin B2 memfasilitasi pembakaran protein-protein yang disebutkan tadi, karbohidrat, dan lemak yang diperlukan untuk penyedian energ dan pembaharuan sel.

Di samping semua ini, kurma juga mengandung banyak mineral yang esensial bagi tubuh (seperti potassium, sodium, kalsium, besi, mangan, dan tembaga). Bila potassium dan sodium bekerja bersamaan, mereka bertindak selaku pengatur ritme detak jantung. Dengan menfasillitasi pengalihan oksigen ke otak, potassium dapat memberdayakan pikiran jernih. Lebih jauh lagi, ia menyediakan kandungan alkali secukupnya pada cairan tubuh, merangsang ginjal mengeluarkan sampah-sampah racun metabolis, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan menunjang pembentukan kulit sehat. (Harun Yahya).

Kurma dapat meningkatkan thrombosit pada penderita demam berdarah. Buah kurma baik kering maupun basah juga dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kurma:
  • Fluktosa dan Glukosa, karbohidrat sederhana yang merupakan energi siap pakai bagi tubuh.
  • Vitamin A, untuk memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf. Vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  • Vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.
  • Lemak tak jenuh, bermanfaat bagi penyerapan vitamin A,D,E,K. 
  • Potasium, untuk mengendalikan tekanan darah, mencegah penyakit jantung koroner dan stroke, membersihkan karbon dioksida dalam darah, memicu kerja otot dan simpul saraf.
  • Mineral kalsium, untuk pembentukan tulang dan gigi , mengoptimalkan kandungan elektrolit dalam cairan tubuh , mengatur denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengendalikan keseimbangan air dalam jaringan dan sel, membantu mengatur tekanan darah, serta mengurangi resiko stroke.
  • Niasin, membantu pelepasan energi dari makanan, mencegah penyakit jantung, serta menjaga fungsi kulit, saraf dan sistem pencernaan agar tetap normal.
  • Serat makanan, untuk menurunkan kadar kolesterol darah dengan menghambat penyerapan lemak atau kolesterol dalam usus besar sehingga kadar kolesterol dalam darah tidak meningkat.
  • Zat besi dan hidrat arang, besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah, sangat baik bagi penderita anemia dan lesu kronis, serta menghambat penuaan.
  • Magnesium, sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  • Mangan, sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase
  • Tannin, diketahui bersifat anti infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  • Hormon bitosin, membantu gerak peristaltic dalam jaringan darah dan rahim untuk menghindari terjadinya pendarahan dalam rahim.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. NAJAH HERBAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
google-site-verification: googleae584e58f5852eda.html